Presiden Jokowi: Tahun Ini Kita Stop Ekspor Bahan Mentah Bauksit dan Tembaga

Presiden Jokowi: Tahun Ini Kita Stop Ekspor Bahan Mentah Bauksit dan Tembaga

PRESIDEN Joko Widodo berjanji akan menghentikan ekspor bahan mentah hasil tambang. Tahun ini, presiden menegaskan akan menghentikan ekspor bahan mentah bauksit. Hal itu ditegaskan ketika memberikan sambutan dalam acara HUT ke-49 PDI Perjuangan secara virtual di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (10/1).

Selain ekspor bahan mentah bauksit, presiden dua periode ini juga berjanji ke depan akan menghentikan bahan mentah hasil tambang lainnya di Indonesia.

\"Tahun ini segera juga akan kita stop ekspor bahan mentah bauksit. Tahun depan Juga akan kita stop lagi ekspor bahan mentah tembaga,” imbuhnya.

Menurutnya, hal ini dilakukan semata-mata untuk membangun kemandirian bangsa dan memperkokoh kepemimpinan Indonesia di mata internasional dengan menekan adanya ekpor bahan mentah keluar negeri.

Jokowi mengatakan, hilirisasi industri akan terus ditingkatkan lantaran tidak ingin Indonesia seperti kembali dijajah VOC yang selalu mengirim bahan-bahan mentah atau raw material keluar neger.

“Karena dampak dari hilirisasi industri ini akan sangat besar, selain membuka lapangan pekerjaan yang sebesar-besarnya bagi rakyat ini, juga akan memberikan nilai tambah yang besar,” katanya.

Dia mengatakan, tahun 2020 lalu, pemerintah telah menghentikan ekspor bahan mentah nikel dan hingga kini masih berjalan.

Dari penghentian ekspor bahan mentah tersebut, Jokowi mengatakan Indonesia mengalami keuntungan dari ekspor nikel kurang lebih Rp 25 triliun.(rmol)

BACA JUGA:

·  Radar Cirebon Group Webinar dengan Menko Luhut dan Dahlan Iskan, Ini yang Dibahas

·  Awalnya Di-bully, Luhut Paparkan Kawasan Industri Kaltara dan Transformasi Ekonomi, Ternyata…

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: